Tempat Wisata Sipirok part 2

Aek milas [paran dolok
Postingan yang sebelumnya telah bercerita tentang pemandian air panas Sosopan. Untuk posting ini, temanya tetap sama, yaitu pemandian air panas juga. Sebenarnya ada banyak tempat pemandian air panas di Sipirok, akan tetapi yang paling terkenal yaitu Sosopan karena akses ke lokasinya yang sangat mudah dan berada di jalinsum ( jalan lintas sumatera ).

  1. Pemandian air panas Paran Dolok
  2. Pemandian ini menurut saya adalah pemandian terbesar setelah pemandian Sosopan. Pemandian ini punya 2 nama yang sebenarnya itu-itu juga, yaitu pemandian Paran Dolok dan pemandian Padang Bujur. Untuk orang Sipirok sendiri, pemandian ini sama terkenalnya dengan pemandian Sosopan. Tapi untuk pengunjung dari luar daerah, lebih kenal yang Sosopan. Dekat dengan pemandian ini, ada salah satu SMA negeri yang cukup terkenal, yaitu SMAN 2 Plus Sipirok, yang katanya sekarang sudah bertaraf internasional. Dengan dukungan nama sekolahan itu, nama Paran Dolok ini mulai terangkat, karena orang tua dari murid-murid yang sekolah disana pasti akan menyempatkan untuk menikmati mandi air panas. Sumbernya air panasnya juga sama, dari gunung Sibual-buali. Fasilitasnya sama dengan yang di Sosopan, mungkin bedanya cuma di warung yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Sosopan.

  3. Pemandian air panas Parau Sorat
  4. Parau Sorat adalah salah satu daerah yang cukup terkenal untuk pemandiannya, tapi lagi-lagi buat orang Sipirok tentunya. Lokasinya sangat asri dan tenang. Pemandian ini bisa ditempuh dengan waktu 45 menit sampe 1 jam dari pusat Sipirok. Pemandian ini dari ukurannya ada di posisi ketiga. Untuk panas airnya sendiri masih kalah dengan yang dua sebelumnya. Tapi masih enak lah untuk berendam dan ngobrol-ngobrol bareng teman. Untuk fasilitas warung, ada di luar lingkar daerah pemandian. Selama saya jalan kesana, belum pernah beli makanan atau minum ke warung, karena tidak tahu mau beli kemana. Tapi jangan takut, masih ada warung yang tidak cukup jauh dari sana.

  5. Pemandian air panas Situmba
  6. Untuk pemandian yang ini saya kurang tau persis keadaannya. Tapi dari yang sering saya dengar, pemandian ini biasanya dipakai buat pengobatan. Jadi tidak terlalu banyak pengunjungnya. Ceritanya sih dulu disana ada tempat peristirahatan orang Jepang, jadi sumber air panasnya dialirkan ke sebuah bak untuk dipakai oleh orang Jepang itu. Sekarang bangunannya itu mungkin sudah tinggal puing-puing saja.

  7. Pemandian air panas Sibadoar
  8. Yang paling buncit ini, cuma dipakai buat orang-orang sana saja. Tapi dulu sudah sempat ada pembangunan gitu biar bisa dijadikan pemandian umum. Sekarang malah terbengkalai tidak tahu apa sebabnya.

Mungkin untuk objek wisata pemandian sepanjang yang saya ketahui adalah itu semua. Posting berikutnya tentang objek-objek wisata yang mungkin bisa menarik minat para wisatawan lokal maupun internasional untuk berkunjung ke Sipirok.

About these ads